Ekspedisi Sabuk Nusantara 2019

Ekspedisi Sabuk Nusantara 2019

Selamat pagi Indonesia……
Selamat pagi para Pejuang Desa Wisata….
Selamat pagi Kepala Desa (Wisata),  kawan-kawan Pokdarwis, Genpi dan semua stakeholder desa wisata di seluruh Nusantara…..
Sekian lama website Asidewi.id absen untuk update kabar tentang kegiatan dan trip dari kampung sampai pelosok desa, kini saatnya Tim “Blakra’an” Asidewi memulai sebuah perjalanan panjang untuk “membedah kitab suci” Desa Wisata Benteng NKRI dan sekaligus belajar bersama masyarakat desa untuk pengembangan Desa Wisata dan pengelolaan sumberdaya alam di desa yang berkeadilan dan berkelanjutan,  perpegang teguh pada kearifan lokal serta berorientasi pada kesejahteraan bersama. Program perjalanan panjang ini kami beri title Ekspedisi Sabuk Nusantara 2019, dan perjalanan ini di mulai pada bulan Juni.

Asidewi akan singgah dibeberapa desa wisata yang sedang berproses dan berkembang secara mandiri. Rute ekspedisi ini dimulai dari Bayuwangi Jawa Timur, tempat dimana Asidewi pertamakali dideklarasikan, lanjut menuju Bodowoso – Probolinggo – Surabaya.

Rute selanjutnya adalah Makassar dan Tana Toraja Sulawesi Selatan, menyeberang ke Kepulauan Alor NTT dan Kepulauan Aru Maluku, kemudian perjalanan berlanjut menuju Jakarta dan Kepulauan Seribu. Dari Kepulauan Seribu menyeberang menuju Pulau Karimun Jawa.

Dalam kegiatan estafet ini akan bergabung beberapa jaringan desa wisata yang di lintasi selama perjalanan.
Pada ekspedisi kali ini akan di laksanakan beberapa program kegiatan dalam rangka mendukung pengembangan pengelolaan desa wisata yang berkeadilan dan berkelanjutan, berpegang teguh pada kearifan lokal serta berorientasi pada kesejahteraan bersama. Diantaranya adalah:

1. Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan
2. Penelitian, Pemetaan dan Pendokumentasian Potensi Sumberdaya Alam dan Sumberdaya Sosial Desa
3. Workshop Pengelolaan Akun Media Sosial dan Pembuatan Website Desa Wisata
4. Eksplorasi Kawasan
5. Bakti Sosial
6. Bedah Buku Desa Wisata Benteng NKRI

Souvenir untuk mendukung perjalanan ini di produksi dalam bentuk Kaos “Desa Wisata Benteng NKRI, Ekspedisi Sabuk Nusantara 2019” dan “Asidewi Goes to Alor”

“Dari Spirit Kearifan Lokal Menuju Desa Wisata Hebat Bangsa Bermartabat”

Terima kasih sebelumnya kami sampaikan kepada semua pihak yang membantu ekspedisi ini sehingga akan berjalan dengan lancar.
Semoga Allah, Tuhan yang maha esa meridloi serta melimpahkan keberkahan dan kemanfaatan pada setiap langkah perjalanan ini, kesehatan dan keselamatan bagi semua tim yang terlibat, amiin ya robbal alamiin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *