Jelajah Kampung Adat Matalafang Alor NTT

Jelajah Kampung

Berkunjung ke Pulau Alor rasanya tak lengkap kalau belum singgah di Kampung Adat Matalafang.

Kampung adat ini terletak tidak jauh dari pantai di Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini, para wisatawan dapat menyaksikan Lapo dan Fala Foka atau rumah tradisional yang beratap jerami.

Masyarakat yang tingal di Kampung Adat Matalafang asli Suku Abui, suku terbesar di Nusa Kenari, julukan lain dari Pulau Alor.

Suku Abui di desa Lembur Barat memanfaatkan produk alami terutama hutan dan pertanian atau berburu sehingga pada siang hari desa menjadi sepi karena kebanyakan mereka mencari makanan ke hutan. Makanan khas Suku Abui adalah singkong, jagung dan Katemak yang merupakan nasi yang dicampur dengan singkong dan jagung.

Ketika kita berwisata mengunjungi kampung ada Matalafang aktivitas yang kita bisa lakukan adalah belajar dan menjelajahi etnografi, arkeologi, arsitektur, budaya dan kuliner.

Melihat matahari terbenam dan matahari terbit, berburu fotografi dan videografi, menikmati kuliner khas masyarakat lokal serta menginap di rumah rumah adat.

Wisatawan dapat mencicipi kuliner Jagung Titi dan membeli oleh-oleh pakaian khas Adat yang terbuat dari tenun dan anyaman dari kulit kayu dan rotan.

Untuk menuju ke Kampung Adat Matalafang di Desa Lembur Barat. Jaraknya hanya 30 menit dari Kalabahi, dan medan yang dilewati cukup baik, hanya di 200 meter terakhir saja jalan masih bebatuan dan sedikit menanjak.

Jika ingin mengunjungi Kampung Adat ini disarankan juga menghubungi Kepala Desa atau Ketua Adat terlebih dahulu untuk berkoordinasi. Jika wisatawan menggunakan jasa tour and travel, pastikan pemandu wisata anda sudah menghubungi mereka terlebih dahulu.

Perbedaan antara Suku Kabola dengan Suku Abui adalah di pakaian adatnya kalau Pakaian Suku Kabola terbuat dari kulit kayu, Pakaian Suku Abui terbuat dari tenun khas Alor. Begitu sampai di Kampung Adat Matalafang, wisatawan akan disambut oleh tarian perang Cakalele dan tari Lego-Lego khas Suku Abui. (Stevani Elisabeth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *