ASIDEWI Cross Borneo Expeditions

Kegiatan ASIDEWI Cross Borneo Expeditions merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mensinergikan kembali potensi desa terpencil dalam meningkatkan ekonomi melalui jalur pariwisata. Pada kegiatan ini ASIDEWI bersama dengan beberapa NGO Earthqualizer, Sahabat Hutan Lestari, Yuk Jelajah Katulistiwa bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sambas. Dalam mengembangkan pariwisata, ASIDEWI bersama dengan Earthqualizer optimis mengembangkan pariwisata desa di perbatasan Borneo, yakni pada wilayah perbatasan Kamimantan – Malaysia.

Pada Kegiatan ini merupakan konsentrasi bersama agar di wilayah perbatasan juga tidak akan tertinggal jauh dari negara tetangga. Hal ini dilakukan melalui Pelatihan Pengembangan Desa Wisata Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan para kelompok pengelola destinasi di daerah tersebut untuk memetakan potensi yang ada. Pada kegiatan pemetaan potensi wisata merupakan langkah awal dalam mengembangkan potensi pada daerah tersebut, untuk dikemas dalam satu paket wisata yang ditawarkan.

Potensi yang telah ASIDEWI ditemukan pada Cross Borneo Expeditions meliputi Hutan Magrove, Kelompok Nelayan yang dapat dikembangkan sebagai kelompok wisata, terdapat hutan yang dapat dikelola lebih lajut, serta potensi dari peternakan lebah kelulut (madu kelanceng), kuliner, pemanfaatan lahan pangan desa, dan kawasan pesisir. Potensi yang lainnya juga terdapat Konservasi Penyu di Desa Sebubus, Kecamatam Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. ASIDEWI juga diajak dalam menelusuri potensi bahari yang ada di Kabupaten Sambas dengan mempraktikkan langsung untuk memanen kepiting bersama dengan para pelaku wisata.

ASIDEWI Cross Borneo Expeditions kali ini ditutup dengan dengan Edukasi Konservasi Penyu di Pos Monitorin Penyu Belacan – Paloh, dengan dikawal langsung oleh petugas Enumerator BPSPL Pontianak, yang berasal dari Polmaswas Kambau Borneo dan Pokmaswas Wahana Bahari.Harapan dari kegiatan ASIDEWI Cross Borneo Expeditions ini adalah Desa Wisata Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, akan menjadi etalase produk pariwisata Indonesia yang berbasis masyarakat.

Harapan dari kegiatan ASIDEWI Cross Borneo Expeditions ini adalah Desa Wisata Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, akan menjadi etalase produk pariwisata Indonesia yang berbasis masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *