EKSPEDISI BUMI RAFFLESIA

Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) merupakan organisasi non pemerintah dan non profit yang memiliki tujuan untuk menjadikan kearifan lokal, menuju desa wisata hebat, bangsa bermartabat. ASIDEWI bertujuan untuk menginisiasi desa-desa wisata di seluruh Indonesia. Arah dari inisiasi ASIDEWI dalam mensinergikan pariwisata desa yang berbasis Community Based Tourism (CBT). Tujuan ASIDEWI di sini adalah menumbuhkembangkan perekonomian melalui sektor pariwisata desa, dengan memberikan sosialisasi, pelatihan, maupun pendampingan untuk memetakan potensi yang akan, ada, dan sedang dijalankan, untuk dikemas menjadi satu paket wisata. 

Di tahun ini, ASIDEWI melakukan Ekspedisi Bumi Rafflesia, yang merupakan rangkaian dari salah satu program Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI), yaitu Social Responsibillity. Program Social Responsibillity sendiri merupakan perjalanan ASIDEWI dengan melakukan pendekatan yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan melalui desa wisata berbasis Community Based Tourism (CBT). Harapan dari berjalannya program ini adalah mampu memberikan manfaat bersama oleh seluruh pelaku wisata dalam mengembangkan potensi desa di tengah pandemic Covid-19 saat ini. Sehingga, kerjasama dari unsur Penthahelix, yakni (A)cademisi; (B)usiness; (C)ommunity; (G)overnment; dan (M)edia, dapat berjalan beriringan dalam membangun desa wisata di Indonesia.

Pada program ini ASIDEWI melakukan perjalanan ke Barat melalui jalur darat selama kurang lebih 23 hari. Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat di jalur pariwisata desa. ASIDEWI melakukan perjalanan ke Barat sebagai bentuk semangat dalam menginisiasi desa wisata Indonesia di masa pandemic Covid-19, dengan tujuan untuk meningkatkan semangat pariwisata desa di Indonesia. Sehingga desa-desa wisata di Indonesia dapat menumbuhkembangkan pariwisata desa di era pandemic dengan mematuhi protocol kesehatan.   

Espedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia mengusung topik Bersatu dan Bangkit, seperti tema yang diusung dalam Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020. Bersatu dalam mewujudkan cita-cita, bangkit dalam keterpurukan. Sama halnya pada Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia, ASIDEWI tetap bergerak dan menginisiasi desa wisata di Indonesia, khususnya ketika sedang melakukan perjalanan ke Barat, yaitu dari titik awal di Ponorogo menuju Bumi Rafflesia. ASIDEWI menginisiasi desa wisata di tengah pandemic Covid-19 ini, dengan tujuan desa wisata dapat bangkit kembali untuk memulihkan pariwisata desa. Sehingga para pelaku wisata dapat berkaca dari semangat pemuda Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Indonesia, yaitu Merdeka!, Merdeka Indonesiaku, Merdeka Desa Wisataku ! Dari spirit kearifan kokal, menuju desa wisata hebat bangsa bermartabat.

Ekspedisi Bumi Rafflesia ini berlangsung pada tanggal 21 Oktober – 14 Noveber 2020. Adapun tim dari perjalanan Ekspedisi Bumi Rafflesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Andi Yuwono, S.Sos.,M.Si / Ketua Umum ASIDEWI
  2. Ahmad Suhaib / Reporter dan Pemateri
  3. Rima Amalia, S.Sos / Kreatif dan Admin
  4. Duval M Irfan / Kreatif dan Design
  5. Rezza Kurniawan, S.ST. Par / Dokumentasi
  6. Johan Muhdor / Dokumentasi
  7. Qomarul Zaman / Advance
  8. Maulidan Isbar / Fasilitator Lapangan
  9. Agung / Support
  10. Udik / Support

————————————————————————————

Facebook : Asidewi – Asosiasi Desa Wisata Indonesia

Website : Asidewi.id

Instagram : @asidewi.id

Twitter : @AsidewiOfficial

Youtube : asidewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *