Asosiasi Desa Wisata Indonesia atau biasa dikenal dengan singkatan ASIDEWI merupakan organisasi non-pemerintah dan non-profit yang memiliki tujuan untuk menjadikan kearifan lokal menuju desa wisata hebat dan bermartabat. Didirikan pada tahun 2011, di kota Batu melalui kegiatan Rembug Desa Wisata Jawa Timur yang difasilitasi oleh Disbudpar Jatim disepakati wadah berjejaring desa wisata yang bernama Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Jawa Timur. Seiring dinamisasi perkembangan pariwisata yang semakin kompleks dan kebutuhan berjejaring para pelaku desa wisata yang semakin luas tidak hanya di lingkup Jawa Timur, maka Asidewi mengembangkan wadah organisasinya secara nasional bernama Asidewi Indonesia.
Saat ini anggota ASIDEWI tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera, Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Bengkulu dan Sulawesi. Organisasi ASIDEWI memiliki lambang berupa tulisan ASIDEWI dengan dominasi warna hijau. Makna lambang ASIDEWI yaitu kemakmuran desa wisata yang mencerminkan kemurnian, keanggunan, keluhuran, wibawa dan kesetiaan pada cita-cita.
Melalui situs ini, pengunjung diharapkan untuk mengetauhi aktivitas –aktivitas dari ASIDEWI dan kami juga menerima kontribusi tulisan berbentuk opini, esai, artikel ilmiah terkait seputar desa wisata di Indonesia  dari para pengunjung yang dapat kami terbitkan di situs resmi ASIDEWI. Selain itu, kami  juga menerima kritik dan saran dari para pengunjung.