Let's Chat

Angkat Pesona Desa Wisata, ASIDEWI Ngawi Gelar Festival Durian

Festival ini merupakan inisiatif dari Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) kabupaten Ngawi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Hargo Munung desa Karanggupito dalam rangka mengenalkan produk unggulan desa yakni durian. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi.
Festival Durian Karanggupito Dihadiri Ribuan Pengunjung. Acara ini dimeriahkan dengan pembagian durian gratis dari panitia dan penjualan durian khas desa Karanggupito yang harganya bervariasi. Selain itu juga terdapat berbagai produk unggulan dari desa wisata kabupaten Ngawi lainnya yang dibarengkan dengan agenda Bupati Award 2017.
Arif, anggota Pokdarwis Hargo Munung mengatakan bahwa kegiatan ini adalah yang pertama kali diadakan di desa Karanggupito. Tujuan utamanya adalah lebih mengenalkan lagi produk unggulan desa Karanggupito yaitu durian.
“Kami ingin lebih mengenalkan lagi bahwa durian Karanggupito yang mempunyai khas rasa, selain itu ingin menjadikan Karanggupito sebagai desa wisata khas durian,” ungkap Arif yang juga merupakan panitia penyelenggara ini.
Sementara itu Zaenul Thohar, ketua Asidewi Kabupaten Ngawi mengatakan Festival Durian Karanggupito ini menjadi titik tolak pengembangan wisata di Ngawi yang selanjutnya akan diselenggarakan festival-festival lain yang akan menampilkan kekhasan desa wisata di Kabupaten Ngawi.
“Semua ini diselenggarakan tidak lain sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Ngawi,” tegasnya.
Pokdarwis Desa Karanggupito dalam kegiatan tersebut juga telah memunculkan atraksi wisata baru berupa kebun wisata atau taman yang diberi nama Argo Munung.
Argo Munung diresmikan Sebagai Kebun Wisata Desa Karanggupito oleh Bupati Ngawi bertepatan dengan agenda Festival Durian Desa Karanggupito dan juga Bupati Award 2017.
Andi Yuwono, ketua Asidewi Indonesia menambahkan bahwa festival seperti ini harus dijadikan sebagai acara tahunan dalam rangka mempromosikan produk khas desa yang berdampak bertambahnya nilai jual harga durian yg dapat mengangkat perekonomian petani lokal. Tak lupa sinergitas antar stakeholders juga harus semakin ditingkatkan agar dalam pengelolaan kebun wisata Argo Munung dapat terus berkelanjutan. Dengan begitu, spirit kearifan lokal yg telah diinisiasi baik oleh Asidewi Kabupaten Ngawi, Pokdarwis Desa Karanggupito maupun Pemerintah Kabupaten Ngawi dapat terus terjaga sehingga dapat menciptakan pengelolaan desa wisata yang hebat dan menjadikan masyarakat Desa Karanggupito menjadi bangsa yang bermartabat.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *