Let's Chat

HKTI Dukung ASIDEWI Kembangkan Agrowisata

Agrowisata hortikultura menjadi alternatif pengembangan pariwisata baru yang dilakukan oleh ASIDEWI mengikuti lahirnya banyak desa wisata berbasis adat/budaya dan alam yang sudah berhasil di inisiasi oleh ASIDEWI. Dalam rangka meningkatkan kualitas desa wisata agro, ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia) menjajaki peluang kerjasama dengan HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia)untuk berkomitmen mengembangkan kerjasama dibidang agrowisata yang terkelola dengan baik dan terus dioptimalkan dengan salah satunya memunculkan produk – produk unggulan dan mengembangkan produk yang sudah ada menjadi lebih baik.

Andi Yuwono, Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) bersama perwakilan dari kampung melon Desa Wisata Modangan, Blitar diundang secara khusus oleh Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko, Jumat (10/11/2017).

Pertemuan dengan Mantan Panglima TNI di Komplek Perumahan Graha Family Blok BB 1 Surabaya itu salah satunya membahas kelanjutan pengembangan Desa Wisata berbasis agro yang saat ini telah dilakukan kampung melon yang mengembangkan varietas baru melon asli Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Biologi Universiatas Gadjah Mada.

Dalam penjelasannya, Moeldoko mengatakan telah mendukung penuh dan melakukan pendampingan secara intensif terkait produk unggulan ini. Salah satu dukungannya adalah telah membawa melon ini ke istana presiden dan telah disuguhkan ke presiden Joko widodo. Selain itu sinergisitas ini akan semakin memudahkan dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan.

Dengan adanya produk asli yang bisa digarap secara optimal dan dimunculkan sebagai komoditas layak ekspor ini akan menjadikan percontohan bagi daerah lain. Tentunya Predikat Melon Terbaik pasti bisa dimunculkan Kembali agar bisa juga menjadi salah satu produk unggulan Desa Wisata yang mendukung perkembangan pertanian Indonesia dan agrowisata.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *