Let's Chat

HMPI Gelar Seminar Nasional Pariwisata bersama ASIDEWI

Kongres Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) ke-VII dilaksanakan di Banyuwangi, dan Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) menjadi tuan rumah. kongres HMPI ke-VII kali ini mengusung tema besar “Shaping Our Soulful of Tourism” dan sekaligus menjadi tema Seminar Nasional yang digelar 13 November 2017 yang diikuti oleh 200 Mahasiswa dari berbagai kampus yang memiliki jurusan pariwisata, lembaga dan pelaku pariwisata nasional, serta perwakilan Desa wisata anggota ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia). Hadir sebagai pembicara diantaranya, yaitu Claudia Ingkiriwang (Direktur Theme Parks The Jungle Bogor, Ex ketua Probis ITX), Lois Merry Tangel (Puteri Pariwisata Internasional 2016), Andi Yuwono (Ketua ASIDEWI).

Dalam seminar tersebut Andi Yuwono mengingatkan pentingnya peran desa wisata dalam pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Karna Desa Wisata merupakan pengejawantahan dari konsep Pariwisata Inti Rakyat yang mengandung arti bahwa masyarakat desa memperoleh manfaat sebesar-besarnya dalam pengembangan pariwisata. Masyarakat terlibat langsung dalam kegiatan pariwisata dalam bentuk pemberian jasa dan pelayanan yang hasilnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat diluar aktifitas mereka sehari-hari. Dan hal ini dapat dicapai melalui keterlibatan masyarakat desa dalam setiap aspek pariwisata yang ada di desa tersebut.

Berkaitan dengan tema seminar, Andi  Yuwono yang biasa disapa Mas Katip mengungkapkan, Desa merupakan entitas inti dan menempati posisi strategis dalam pembangunan pariwisata Indonesia, dan selayaknya pariwisata dibangun dari desa. “Pembangunan pariwisata yang bersumber dari spirit kearifan lokal akan melahirkan desa wisata hebat dan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat.”ujar Andi di hadapan ratusan peserta seminar.

Sementara Ketua HMPI wilayah Jawa Timur sekaligus penanggung jawab Kongres Nasional HMPI VII, Neno Rizkianto, selama ini telah terjalin kerjasama antara HMPI dengan ASIDEWI dalam mengembangkan desa wisata sebagai bagian dari pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan, yaitu pengabdian masyarakat. Neno juga berharap, sinergi antara ASIDEWI dan HMPI dapat mendorong pertumbuhan dan pengetahuan pelaku pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya desa-desa wisata.

Selain kegiatan seminar dan kegiatan internal, Kongres Nasional VII HMPI juga dimeriahkan kegiatan PILMAPI (Pekan Ilmiah Mahasiswa Pariwisata Indonesia), Tourism Quiz Competition, Tour Package Contest, Scientific Paper Contest, dan Tourism Video Promotion Contest.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *