Let's Chat

Live in Dan ASIDEWI Soft Launching Aplikasi Digital Desa Wisata

Penulis : Novi Embun Tristiani
Editor : Rima Amalia

            “Together Make Stronger”, saat hanya seorang saja yang berfikir untuk melakukan perubahan. Hal tersebut tidak akan pernah terjadi namun jika orang tersebut menemukan hal yang tepat maka perubahan yang mengagumkan akan benar-benar terjadi. Sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat yang ingin membuat banyak perubahan pada masyakarat khususnya masyarakat pedesaan agar dapat mengembangkan potensi desa sebagai destinasi pariwisata tentu ASIDEWI tidak bisa berjalan sendirian. ASIDEWI membutuhkan bantuan lebih banyak isi kepala lain agar ide dan invoasi tentang upaya pengembangan desa wisata di Indonesia menjadi lebih segar dan lebih mudah diakses.

            Pada Rangkaian petualangan ke Barat pada Ekspedisi Bumi Rafflesia dilakukan beberapa waktu lalu, ASIDEWI tidak terhenti pada tujuan desa wisata saja namun ASIDEWI juga melakukan kemitraan dengan beberapa LSM, NGO, bahkan instansi pemerintah. Kemitraan yang dilakukan ASIDEWI ini bermaksud untuk merambah ke banyak insight,  pengalaman dan kawan di berbagai wilayah di Indonesia. Ketika berada di Ibu Kota Jakarta, ASIDEWI melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan  Livein.

Tampilan Desktop
Tampilan dengan Mobile

            Livein merupakan platform digital untuk memfasilitasi siapa saja yang ingin melakukan kegiatan pariwisata khususnya pariwasata desa wisata. Mengingat bahwa salah satu program kerja ASIDEWI adalah sebagai wadah berjejaring antar desa wisata di Indonesia, maka sangat penting dalam mengembangkan desa wisata menggunakan konsep digital. Digital di sini bukan hanya sekedar desa wisata memiliki media sosial untuk memberikan info liveinfo namun maksud dari digital tersebut adalah desa wisata mampu memanfaatkan media digital sebagai tempat penyimpanan data, melihat traffic pengunjung, dan mampu mengatur sistem tiket secara online. Maka dalam mengelola desa wisata digital sangat bermanfaat pada era saat ini, tanpa kontak langsung untuk menjelajahi serta memesan apa yang diinginkan melalui media digital yang dimiliki desa wisata tersebut.

            Pada tanggal 12 Desember 2020 lalu, Livein bersama dengan ASIDEWI melakukan soft launching aplikasi “LiveIn” yang dilakukan  di Kampung Adat Ratenggaro Sumba Barat Daya, NTT. Acara tersebut dihardiri oleh Andi Yuwono selaku Ketua Umum ASIDEWI, Maulidan Isbar selaku founder & CEO Livein, Viktro Laiskodat sebagi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Dr. Kornelius Kodimete sebagai Bupati Sumba Barat Daya, Dr. Hari Sungkari selaku Deputi MENPAREKRAF Republik Indonesia dan isteri dari Moch. Nur Arifin sebagai Bupati Trenggalek. Selain dihadiri stakeholer acara juga dihadiri oleh perwakilan dari 12 negara secara virtual. Acara tersebut disiarakan secara langsung melalui akun youtube miliki LiveIn Village, akun instagram @livein_id dan akun facebook Livein ID.

            Aplikasi livein menawarkan fitur-fitur yang memudahkan para calon wisatawan yang akan melakukan perjalanan, khususnya perjalanan wisata ke desa wisata. Fitur-fitur tersebut diantaranya user testing dimana para pengguna dapat dengan leluasa mengatur aplikasi dengan mudah. massage box fitur ini dapat memungkinan sesama pengguna aplikasi dapat saling bertukar pesan.  Friend list dimana para pengguna juga dapat berteman dengan pengguna lain dan hal ini memungkinkan para pengguna dapat bertukar infromasi tentang pengalaman bertandang di suatu desa wisata. Live chat message fitur ini dapat membuat para pengelola atau pelanggan berbalas dengan mudah dan cepat. Calendar/ Planner dengan fitur ini para pengguna tidak perlu lagi hanya membayangkan kapan dan dimana ia akan berwisata, cukup dengan menandai pada kalender livein aplikasi akan memberikan notifikasi agar pengguna tidak lupa rencana berlibur. Ingat, jangan sampai pernah lakukan kegiatan ekstrim seperti “kerja, kerja, kerja, tipes” pergilah berlibur. Fitur berikutnya adalah my place, pada fitur ini memungkinan para pengguna dapat menandai lokasi mana saja yang pernah pengguna singgahi. Fitur media player, setiap desa wisata memiliki video teaser untuk memperkenalkan potensi desa wisata mereka secara singkat sehingga para pengguna dapat yakin untuk memutuskan berplesir menuju desa tersebut. Fitur berikutnya adalah DIY Your Trip, fitur ini dapat digunakan oleh para pengguna untuk mendesain sendiri rencana perjalanan mereka sendiri.  Fitur terakhir adalah weather, bagaimana jadinya saat kalian jalan-jalan santai tiba-tiba turun hujan atau bahkan terganggu oleh cuaca terlalu panas, naah dengan fitur ini kita tidak perlu khawatir tentang itu.

            Harapanya dengan bersinerginya ASIDEWI dan Livein membuat perkembangan pariwisata berbasis desa wisata di Indonesia dapat lebih berjalan optimal dan terstruktur. Dengan kemudahkan akses informasi dan kemudahan dalam melakukan booking online desitnasi wisata akan membuat geliat pariwisata makin maju dan secara tidak langsung akan berefek pada tingkat perekonomian masyarakat di desa wisata tersebut.


Facebook : Asidewi – Asosiasi Desa Wisata Indonesia
Website : Asidewi.id
Instagram : @asidewi.id
Twitter : @AsidewiOfficial
Youtube : asidewi

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *