Let's Chat

Pokdarwis Banyubiru Kembangkan Batik Murakapi Sebagai Brand Unggulan Ngawi

Batik merupakan identitas asli Nusantara yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Dalam rangka menjaga dan mengembangkan warisan budaya leluhur, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Berkah Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren mulai mempromosikan Batik Murakapi sebagai identitas unggulan Kabupaten Ngawi. Hal ini terungkap saat menerima kunjungan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bersama Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Kabupaten Ngawi, Kamis (23/11/2017) lalu.

Disparpora yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Wiwien Purwaningsih, menyampaikan bahwa Pokdarwis Berkah Desa Banyubiru bisa mengoptimalkan brand khusus batik yang merupakan salah satu produk unggulan daerah ini. Diketahui bahwa di desa Banyubiru ini pembatik dengan kreasinya membuat berbagai macam motif batik tulis khas ngawi.

“Pokdarwis Desa Banyubiru Bisa Optimalkan Batik Murakapi Sebagai Brand Unggulan. Perannya sebagai salah satu kelompok yang terus memberikan pendampingan bagi para pembatik untuk terus berinovasi,” terang Wiwien.

Sebagai salah satu sentra batik tulis di Ngawi, lanjutnya, Pokdarwis bisa mengoptimalkan perannya untuk mengenalkan dan sekaligus memasarkan lebih jauh terkait produk batik desa Banyubiru.

Senada dengan hal tersebut, Abduk Ghofar, Sekretaris Asidewi Kabupaten Ngawi mengatakan bahwa peran serta pemerintah dalam promosi dan dukungan teknologi sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan batik Banyubiru sebagai salah satu identitas ngawi.(ske)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *