Let's Chat

Sepekan SAMIN 2018 – Guyub Rukun Samin

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya lokal yang wajib kita lestarikan, namun kebudayaan lokal tersebut tidak lepas dari adanya dukungan masyarakat lokal itu sendiri, dalam menjaga, menghormati, serta meneruskan keunikan masing – masing daerah. Demikian halnya budaya lokal pada masa menghadapi globalisasi budaya, terdapat berbagai cara dalam pelestariannya dengan mengadakan acara pada saat event penting, guna meningkatkan cinta tanah air melalui budaya lokal.

Negara berkembang seperti halnya Indonesia yang memiliki beragam potensi, baik dari sosial masyarakat, potensi geografi, maupun budaya lokal dapat dijadikan sebagai atraksi wisata yang dapat menarik wisatawan lokal maupun manca negara. Secara tidak langsung meningkatnya ketertarikan wisatawan, menjadi sumber invisible export (eksport yang tidak tampak) dalam meraih peningkatan devisa negara.

Jawa Timur misalnya, terdapat beragam keunikan budaya lokal yang dijadikan atraksi wisata, salah satunya berada di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo – Bojonegoro, pelestarian budaya lokal dengan mengadakan acara “Sepekan SAMIN 2018, Guyub Rukun Samin”. Masyarakat Bojonegoro dalam pelestariannya mengadakan suatu acara yang bertujuan untuk regenerasi masyarakat lokal sendiri, serta sebagai tujuan wisata dalam memperoleh kesejahteraan masyarakat.

Acara Sepekan Samin 2018 ini, dalam pengkonsepannya dapat ditarik bahwa, dalam mengembangkan atraksi wisata menggunakan potensi budaya, yaitu “Samin”, hal ini konsep Community Based Tourism (CBT) memakai konsep kunci pada bidang budaya lokal. Konsep ini digunakan sebagai icon yang bertujuan dalam mensejahterakan masyarakat, selain itu juga menjaga budaya lokal tetap lestari dan dikenal banyak orang.

Kegiatan “Sepekan SAMIN 2018, Guyub Rukun Samin” diadakan pada tanggal 23 sampai dengan 27 September 2018, dengan rangkaian acara sebagai berikut:
1. Minggu, 23 September 2018
Diadakan Pentas Seni Samin, yang dimulai pukul 19.00 WIB – selesai
2. Senin, 24 September 2018
Diadakan Ngangsu Kaweruh Samin, yang dimulai pukul 10.00 WIB – selesai
3. Selasa, 25 September 2018
Diadakan Final Samino Samini, yang dimulai pukul 19.00 WIB – selesai
Diadakan Kontemplasi (Ngudo Roso), yang dimulai pukul 23.00 WIB – selesai
4. Rabu, 26 September 2018
Diadakan Suran Samin, yang dimulai pukul 19.00 WIB – selesai, serta
5. Kamis, 27 September 2018
Diadakan Gotong Royong Selapanan, yang dimualai pukul 19.00 WIB – selesai

Acara ini berlokasi di Balai Budaya Masyarakat Samin, Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo – Bojonegoro. Acara pelestarian budaya lokal ini dihadiri dan dipandu oleh Harjo Kardi, yang merupakan sesepuh Masyarakat Samin pada generasi ke IV.

Acara “Sepekan Samin 2018, Guyub Rukun Samin” ini terbuka untuk umum, dan bagi siapa saja yang ingin mengenal Budaya Samin secara lebih mendalam bisa merapat ke lokasi acara. Penasaran seperti apa Budaya Samin itu? Ayo kunjungi Sepekan Samin 2018 di Bojonegoro, untuk belajar bersama – sama dari keikhlasan, ketulusan, kemurnian, dan harmoni dari Wong Samin.

Untuk lebih jelasnya kunjungi www.saminbojonegoro.com atau hubungi @saminbojonegoro

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *