Let's Chat
Blog  

Sekolah Penggerak Wisata Lampung Barat

Kampung Kopi Rigis Jaya menjadi tujuan pertama kami dalam rangkaian program “Sekolah Pengerak Wisata” di Kabupaten Lampung Barat keberadaan Desa / Kampung kopi Rigis jaya di wilayah geografis Kabupaten Lampung Barat yang terkenal dengan kopi robusta nya menjadikan desa ini mendapatkan  kesempatan  untuk  berkembang secara pariwisata. Beberapa tahun terakhir upaya menjadikan Rigis Jaya terus dilakukan secara swadaya dengan beberapa dukungan dari pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Agro wisata merupakan rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai obyek wisata, baik potensi berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasanahan dan keaneka ragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian serta budaya masyarakat petaninya.

Lokasi desa wisata kampung kopi Pekon Rigis Jaya terletak di Kecamatan Air Hitam yang berjarak ± 55 km dari kota Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat dengan ketinggian tanah dari permukaan laut sekitar 860-1310 mm, dengan luas desa Rigis Jaya lebih kurang 824,67 hektar.

Desa Rigis Jaya Tercatat sebagai perkebunan kopi terbaik di lampung barat, Dengan rata-rata dalam satu hektar berpenghasilan ± 2 ton, produktifitas kopi dalam 1 tahun mencapai ± 1058 ton per tahun dengan luas perkebunan 498,34 ha. untuk jenis kopi robusta.

Perjalanan paket edukasi ini dari hulu sampai ke hilir,mulai dari pembibitan,budidaya, pengolahan pasca panen,penyangraian dan penyeduhan hingga menjadi secangkir kopi yang siap di nikmati.

Dalam kegiatan ini wisatawan bisa  mendapatkan sensasi pengalaman baru bisa langsung berinteraksi dengan petani dan  mendapatkan ilmu mulai mengenal jenis kopi, mengenal rasa kopi hinga menikmati secangkir kopi dengan proses racikan nya sendiri.

Materi dalam Program Sekolah Penggerak Wisata :

  • Pemetaan potensi dengan metode bisnis canvas model
  • Penyusunan paket wisata
  • Interpretasi lapangan ( kepemanduan )
  • Problem solving
  • Evaluasi dan Rencana tindak lanjut

Sekolah Penggerak Wisata Kampung Kopi Rigis Jaya membuat sebuah produk wisata diantaranya :

Perjalanan Secangkir Kopi

Perjalanan paket edukasi ini dari hulu sampai ke hilir,mulai dari pembibitan,budidaya, pengolahan pasca panen,penyangraian dan penyeduhan hingga menjadi secangkir kopi yang siap di nikmati.dalam kegiatan ini wisatawan bisa  mendapatkan sensasi pengalaman baru bisa langsung berinteraksi dengan petani dan  mendapatkan ilmu mulai mengenal jenis kopi, mengenal rasa kopi hinga menikmati secangkir kopi dengan proses racikan nya sendiri

Tari Nyambai

Tari Nyambai adalah tari kelompok berpasangan yang dilakukan oleh gadis (muli) dan bujang (mekhanai) sebagai ajang pertemuan atau ajang silahturahmi untuk mencari jodoh. Sebagai tarian adat pada masyarakat saibatin (pesisir), kehadirannya menjadi bagian dari rangkaian upacara perkawinan yang disebut dengan upacara Nayuh/Penayuhan. Upacara Nayuh/Penayuhan adalah upacara perkawinan adat besar-besaran yang diadakan oleh masyarakat Lampung yang beradat Saibatin/pesisir. Metode analisisis bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan teori fungsi dan teori sosio-budaya. 

Bancaan/Kepungan

Bancakan merupakan bagian dari selamatan atau syukuran yang biasanya diadakan sebagai bentuk rasa syukur untuk memperingati kelahiran atau weton anak. … Keluarga atau orang tua yang hendak mengadakan selamatan memasak nasi, lauk-pauk, dan sayuran dalam porsi besar untuk acara ini.

Explore Bukit Rigis

Explore bukit rigis merupakan atraksi wisata yang dimana wisatawan melakukan aktifitas mendaki ke bukit rigis. Sepanjang jalur pendakian wisatawan akan melihat indahnya kebun kopi yang akan di pandu oleh guide yang difasilitasi persewaan alat, selfie area dan makanan yang disediakan.

Gamolan Pekhing

Gamolan pekhing atau disebut juga Cetik adalah instrumen musik dari daerah Lampung Barat dengan menggunakan alat musik gamolan. Gamolan merupakan instrumen Xilofon. Gamolan terdiri dari atas delapan lempengan bambu dan memiliki kisaran nada lebih dari satu oktaf

Green Grading Class

Green Grading Class merupakan aktifitas mengolah biji kopi dan proses pengklasifikasian bahan berdasarkan mutu produk dipandu oleh guide profesional langsung.

Manual Brewing

Dalam aktifitas ini wisatawan belajar cara menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. yang akan dipandu oleh guide profesional langsung.

Baca juga

https://patadaily.id/2022/04/27/implementasikan-5-program-kerja-unggulan-asidewi-membumi/

https://harianforum.com/di-lampung-asidewi-indonesia-adakan-sekolah-penggerak-wisata-desa/

https://lampung.poskota.co.id/2022/05/18/tingkatkan-mutu-pelayanan-dan-fasilitas-disporapar-gelar-sekolah-penggerak-wisata

https://sorogan.id/asidewi-java-sumatera-overland-2022-38941/

https://topiknews.co.id/asidewi-kembali-menggelar-java-sumatera-overland-2022-tahap-2/

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *