Let's Chat

Kepemimpinan Desa – Buku 2

  • Version
  • Download 1596
  • File Size 638 kb
  • File Count 1
  • Create Date December 16, 2019
  • Last Updated December 16, 2019

Kepemimpinan Desa - Buku 2

Seri Buku "Desa Membangun Indonesia"
Buku 2 - Kepemimpinan Desa

“Desa harus jadi kekuatan ekonomi
Agar warganya tak hijrah ke kota
Sepinya Desa adalah modal utama
Untuk bekerja dan mengembangkan diri”
(Lyrik lagu Desa, Iwan Fals)

Refleksi kritis penyanyi legendaris Iwan Fals yang dituangkan dalam lagu berjudul “Desa”, setidaknya mewakili pikiran masyarakat banyak soal tentang situasi yang terjadi di Desa. Sebut saja urbanisasi yang terus meningkat, saat ini jumlah penduduk kota dan Desa nyaris berimbang, 50,2% penduduk Indonesia ada di Desa dan 49,8% penduduk ada di kota. Tingginya tingkat urbanisasi dikarenakan Desa tidak lagi menjanjikan pekerjaan, kesejahteraan serta kehidupan yang lebih baik.
Desa tak lebih hanya tempat romantisisme mengenang masa kecil, yang biasanya dikunjungi setahun sekali pada saat mudik lebaran. Desa belum mampu menawarkan daya tarik kepada warganya yang telah pergi ke kota untuk mencari penghidupan baru.
Desa sebagaimana konstitusi sebelumnya menggunakan norma yang ada dalam UU No 5 tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa dan UU nomor 32 tahun 2004 adalah struktur pemerintahan terendah dibawah kabupaten. Desa menerima tugas perbantuan dari pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota. Sebagai organisasi pemerintahan yang berada dalam sistem pemerintahan kabupaten/kota maka Kedudukan Desa sebagai local state government.

3 Comments

  1. Gak bisa didonload min
    Sorry, the owner hasn’t given you permission to download this file.

    Only the owner and editors can download this file. If you’d like to download it, please contact the owner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *